menu melayang

Cara mengaktifkan voucher Telkomsel

Cara mengaktifkan Voucher Telkomsel

  Mengisi ulang kuota maupun pulsa menggunakan voucher adalah pilihan yang tepat. Karena voucher telkomsel bisa dibeli di hampir semua outlet/konter terdekat tanpa harus menunggu lama. 

Cara memasukan voucher tersebut juga tergolong mudah karena pelanggan hanya perlu menggosok logram lalu input kode yang ada di dalamnya. Tidak heran jika sekarang pengguna kartu AS dan simpati mulai beranjak memakai voucher isi ulang kuota daripada membeli paket internet dan pulsa secara manual.


Penyebab dan solusi gagal isi ulang voucher telkomsel
Gagal isi voucher telkomsel

Telkomsel menyediakan beragam voucher isi ulang berupa pulsa, paket internet, serta kuota bundling sesuai kebutuhan pengguna. Harganya kompetitif berbanding dengan cara menggunakan yang mudah akhirnya berhasil menarik minat pengguna ponsel pintar untuk membelinya. Namun terkadang adapula masalah ketika pelanggan mencoba aktivasi mengalami kegagalan. Singkatnya, voucher telkomsel tidak masuk dan setelah dicoba kembali malah tidak bisa. Masalah ini yang selanjutnya kita namakan gagal aktivasi voucher isi ulang telkomsel.

Mayoritas orang pasti sudah sangat familiar dengan metode isi pulsa dan kuota yang satu ini. Tapi tidak semua pelanggan pernah mengalami kendala ketika melakukan isi voucher tersebut. Misalnya saja voucher tidak dapat digunakan di regional anda saat ini, kode tidak valid, masa aktif yang habis dan lain sebagainya. Dalam artikel kali ini kita akan memabahas beberapa cara mengatasi gagal aktivasi kode voucher isi ulang pulsa dan kuota telkomsel.

Cara Mengatasi Voucher Telkomsel Tidak Masuk (Gagal Aktivasi)

Hadirnya voucher telkomsel sebenarnya sangat membantu pelanggan yang tidak ingin ribet membeli pulsa dan registrasi paket internet secara manual. Karena hanya dengan menggosok hologram lalu memasukan kode voucher tersebut secara langsung kuota internet maupun pulsa akan terisi dengan sendirinya. Namun, dibalik kemudahan tersebut ternyata metode isi ulang kuota/pulsa memakai voucher juga menyimpan segudang persoalan.
Baca juga: Cara Menggunakan Voucher Isi Ulang Pulsa Telkomsel
Voucher sendiri menggunakan metode pengkodean sekali pakai yang merepresentasikan suatu isi. Inilah mengapa kita akan mendapatkan kode unik yang berbeda ketika pertama kali menggosok voucher isi ulang. Lazimnya, pelanggan dapat memasukan kode unik tersebut satu kali saja dan setelahnya kode akan hangus tidak bisa dipakai. Namun dalam beberapa kasus adapula pelanggan yang mengalami masalah gagal memasukan kode voucher telkomsel.

Kenapa voucher telkomsel tidak bisa masuk ketika diinput? hal ini masih menjadi tanda tanya besar di benak sebagian pelanggan. Terlebih lagi bagi mereka yang baru satu dua kali memakai voucher isi ulang pulsa/kuota internet.

Voucher Tidak Dapat Digunakan di Regional Anda

Telkomsel selalu menyertakan beberapa informasi pada setiap produk berbentuk fisik miliknya. Umumnya pelanggan bisa menemukan deskripsi, panduan, dan syarat ketentuan didalamnya. Inilah modal awal untuk memakai dan menghindari voucher telkomsel tidak masuk ketika dimasukan. Meskipun demikian, banyak orang yang mengabaikan adanya panduan dan kebijakan tersebut lantaran idrasa tidak penting.

"Maaf, voucher ini tidak dapat digunakan di regional anda" inilah sepenggal pesan yang akan anda terima ketika mengalami gagal isi ulang voucher kuota simpati atau kartu AS. Sebagai operator seluler, telkomsel memiliki syarat dan ketentuan pada setiap layanan dan produknya. Salah satunya dengan memberlakukan pemakaian kuota berdasarkan daerah regional aktivasi paket.

Penyebab utama gagal aktivasi voucher telkomsel karena masalah regional karena anda menggunakan voucher tersebut di luar wilayah pembelian. Hal inipun mengacu kembali pada kebijakan operator seluler yang mengatur penggunaan kuota internet berdasarkan regional aktivasinya.

Solusi untuk masalah voucher telkomsel tidak dapat digunakan di regional anda sebenarnya sangatlah mudah. Pelanggan hanya harus melakukan aktivasi di daerah tempat pembelian voucher isi ulang tersebut. Lantas bagaimana jika kita sudah terlanjur bepergian ke luar kota dan meninggalkan daerah asal pembelian? Untuk mengatasinya, kita harus menghubungi customer service telkomsel dan menjelaskan kalau kita ingin mengganti regional voucher telkomsel agar bisa digunakan.

Gagal Isi Voucher Tapi Saldo Terpotong

Salah satu masalah yang menurut saya sangat krusial adalah voucher telkomsel tidak bisa masuk tapi saldo terpotong begitu saja. Sebagai pelanggan tentu kita sangat dirugikan dengan problematika macam ini. Sudah beli voucher mahal-mahal malah tidak bisa digunakan dan parahnya kuota tidak masuk sama sekali.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi? mungkin kalian bertanya-tanya kenapa kuota tidak masuk padahal kode voucher sudah benar. Ada beberapa spekulasi penyebab masalah satu ini. Tapi, teori yang paling mendekati adalah adanya delay atau jeda waktu ketika kalian memasukan voucher telkomsel dan masuknya kuota ke ponsel kalian.

Cara mengatasi voucher isi ulang telkomsel tidak masuk tapi saldo terpotong yang paling ampuh adalah dengan membuat pengaduan. Pengaduan tersebut bisa anda sampaikan ke konter dimana anda membeli voucher isi ulang maupun langsung ke customer service telkomsel. Namun saran saya adalah langsung saja hubungi call center untuk meminta keterangan sekaligus panduan secara langsung.

Jika anda mendapati masalah demikian maka ikutilah beberapa tips berikut ini:
  1. Telfon ke nomor 0807-1-811-811 (call center telkomsel)
  2. Berikan data (nomor ponsel, kode voucher, tanggal aktivasi, dan regional pembelian).
  3. Tunggu hingga CS mengaktifkan voucher anda.

Masa Aktif Voucher Sudah Habis

Voucher isi ulang kuota dan pulsa yang dijual di outlet konter pun juga memiliki masa kadaluarsa layaknya barang fisik pada umumnya. Dengan rentan waktu selama kurang lebih 3 tahun lamanya kode isi ulang harus segera dipakai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bagaimana jika kita membeli voucher telkomsel yang sudah kadaluarsa? tentu saja kode yang ada didalamnya tidak akan bisa dipakai sama sekali.

Meskipun sangat langka, namun tidak menutup kemungkinan pelanggan yang mengalami masalah voucher telkomsel tidak masuk bisa disebabkan karena aktivasi yang sudah terlanjut melewati masa aktif.  Umumnya pelanggan akan mendapatkan notifikasi berupa pesan "Maaf, voucher tidak dapat digunakan" ketika gagal memasukan voucher. Ketika anda mengalami hal serupa segera tukarkan voucher isi ulang tersebut ke konter dimana anda membelinya. Jangan lupa berikan penjelasan bahwa kode voucher tidak bisa digunakan karena masa aktif sudah habis.

Ketika mengalami masalah gagal isi ulang voucher telkomsel karena masa aktif yang sudah habis jangan menghubungi call center. Mengapa demikian? customer service tidak akan bisa membantu anda mengatasinya karena problem tersebut dianggap sebagai kesalahan pengguna yang tidak teliti. Mereka akan menyarankan untuk menukarkan voucher isi ulang tersebut di konter tempat pembelian.

Sistem Sedang Sibuk

Kemungkinan terakhir ketika mengalami gagal isi voucher telkomsel bisa disebabkan karena sistem operator yang sedang error. Sebagai salah satu provider terbaik di Indonesia telkomsel tidak lepas dari beberapa masalah salah satunya dari segi server. Setiap beberapa periode sekali telkomse selalu memeriksa dan memperbaiki bug sistem sebagai bentuk pemeliharaan sistem. Pada saat seperti ini beberapa layanan telkomsel akan dinonaktifkan beberapa saat.

Cara mengatasi voucher isi ulang telkomsel tidak masuk karena sistem sedang sibuk yakni cukup menunggu. Pelanggan tidak perlu terburu-buru memasukan kode voucher ataupun melakukan komplain ke pihak konter maupun operator terlebih dahulu. Tunggulah selama beberapa saat dan coba masukan kembali kode voucher kuota isi ulang tersebut saat sistem operator sudah kembali seperti semula.

Lantas apa yang harus kita lakukan ketika di hp muncul pesan "maaf sistem sedang sibuk" padahal kita sedang butuh kuota. Sayangnya, saya tidak mempunya solusi lebih baik selain menunggu atau menghubungi customer service. Ceritakanlah kronologi dan munculnya pesan ketika tidak bisa memasukan voucher telkomsel diatas. Maka kalian akan dibantu untuk aktivasi voucher kuota telkomsel oleh CS.

Itulah beberapa penyebab gagal isi ulang voucher kuota dan pulsa yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Jika terdapat kesalahan informasi tentang cara mengatasi voucher telkomsel tidak masuk diatas silahkan anda cantumkan koreksinya di kolom komentar.

Blog Post

Related Post

Bacalah yang menarik

Back to Top

Cari Artikel